Jelang Tahun Baru 2023, Penumpang Kereta Api di Stasiun Gambir dan Pasar Senen Meningkat

- Pewarta

Sabtu, 31 Desember 2022 - 10:49

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Penumpang Stasiun Gambir dan Pasar Senen Meningkat. (Dok. Kominfo.jatimprov.go.id)

Penumpang Stasiun Gambir dan Pasar Senen Meningkat. (Dok. Kominfo.jatimprov.go.id)

AKTUIL.COM – Menjelang tahun baru 2023 penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen kembali meningkat, secara total terdapat sekitar 38.700 tiket terjual untuk keberangkatan hari ini.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menerangkan berdasarkan data penjualan tiket tercatat volume penumpang berangkat pada Jumat 30 Desember 2023 merupakan angka volume tertinggi pada masa libur menjelang Tahun Baru 2023 untuk area Daop 1 Jakarta.

“Dari total sekitar 38.700 penumpang pada hari ini, 16.200 tiket terjual untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dengan layanan operasional 37 perjalanan KA dan 22.500 lainnya merupakan tiket terjual keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan operasional 32 perjalanan KA, jumlah tersebut masih mungkin mengalami peningkatan mengingat penjualan tiket untuk keberangkatan hingga KA terakhir pada hari ini masih dibuka,” ungkap Eva kepada PMJ News, di Jakarta, Jumat 30 Desember 2022.  

Pihak KAI Daerah Operasi 1 Jakarta (Daop 1 Jakarta) pun mengimbau seluruh masyarakat yang akan menggunakan KAJJ keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen agar memperhatikan kembali aturan Vaksin terbaru yang telah diberlakukan dan juga memperhatikan barang bawaan agar tidak tertinggal di peron stasiun maupun di atas kereta api.

Baca Juga:

Polisi Limpahkan Berkas Perkara 12 Tersangka Kasus Produksi Film Porno ke Kejati DKI Jakarta, Salah Satunya Siskaeee

Kuasa Hukum Ungkap Kodisi Kesehatan Ammar Zoni Terkini Sejak Ditangkap karena Kasus Narkoba

Kasus Pembunuhan Dante, Anak Artis Tamara Tyasmara, Sang Nenek: Saya Minta Tersangka Dihukum

Eva kembali memaparkan, secara keseluruhan total tiket Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), tiket yang disediakan dari KAI Daerah Operasi 1 Jakarta (Daop 1Jakarta) selama 18 hari masa Nataru tanggal 22 Des 2022 s.d 8 Januari 2023 sebanyak 739.299 tiket dari jumlah tersebut sampai dengan Jumat 30 Desember 2022 telah terjual sekitar 407 ribu untuk keberangkatan 22 Des 2022 s.d 8 Jan 2023, jumlah penjualan tiket tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung secara online.

“Sementara jika melihat berdasarkan tanggal yang paling banyak diminati berdasarkan tanggal keberangkatan KA terjadi mulai tanggal 22 s.d 31 Desember 2022, pada kurun waktu 10 hari tersebut dari ketersediaan tiket sebanyak 410.924 sekitar 328.731 telah terjual,”” tuturnya.  

Adapun terdapat sejumlah kota tujuan favorit yang dipilih penumpang seperti diantaranya Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Tegal, Kutoarjo, Surabaya, Malang dan Madiun sedangkan untuk jarak dekat yakni Cirebon serta Bandung.

Untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan Daop 1 Jakarta juga melakukan penambahan area dan kursi tunggu untuk penumpang.

Di Stasiun Pasar Senen fasilitas kursi tunggu stasiun kini tersedia sebanyak 3200 tempat duduk, sementara di Stasiun Gambir tersedia sebanyak 1500 tempat duduk yang tersebar diberbagai area pelayanan.

Sementara untuk mengurai kepadatan penumpang saat pemeriksaan tiket, Daop 1 Jakarta juga menambah jumlah meja layanan untuk pemeriksaan tiket, seperti di Stasiun Gambir yang sebelumnya hanya terdapat 4 titik layanan pemeriksaan tiket kini bertambah menjadi 10 titik layanan.

Penambahan petugas juga dilakukan di sejumlah area pelayanan, saat ini terdapat petugas Costumer Service mobile (CSM) yang akan membantu penumpang di berbagai area pelayanan Stasiun.

Tingginya volume pada masa Angkutan Nataru ini juga berdampak pada meningkatnya jumlah data barang tertinggal yang telah diamankan oleh petugas. Sebagai bentuk pelayanan,  PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta mengoptimalkan fungsi layanan Lost and Found untuk mengelola barang penumpang tertinggal yang berhasil diamankan petugas.

Selama periode nataru yang telah berjalan selama 9 hari sejak 22 s.d 30 Desember 2022 tercatat 30 puluh barang milik penumpang tertinggal yang berhasil diamankan petugas dan telah di masukan pada database sistem Lost and Found.

Dari jumlah tersebut, 20diantaranya sudah kembali ke pemilik. Barang tertinggal yang ditemukan tak jarang merupakan jenis barang berharga seperti Laptop, Telepon Seluler, Tas, Dompet hingga Paspor.

Bagi para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam KA atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas antara lain Kondektur yang sedang berdinas di atas KA, ataupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121.

KAI Daop 1 Jakarta juga mengingatkan kembali kepada seluruh pengguna jasa agar memperhatikan aturan Vaksin terbaru yang berlaku saat ini khususnya perubahan aturan pada usia anak 6 s.d 12 tahun dimana saat ini anak pada usia tersebut  yang belum di vaksin tetap dapat naik kereta api dengan syarat memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu atau harus didampingi oleh orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi booster.

Berikut aturan lengkap terkait Vaksin untuk KAJJ mengacu Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Libur Hari Raya Natal Tahun 2022 Dan Tahun Baru 2023 :

  1. Usia 18 tahun ke atas:
  2. a) Wajib vaksin ketiga (booster)
  3. b) WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua
  4. b) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah
  5. Usia 6-12 tahun:
  6. a) Wajib vaksin kedua
  7. b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
  8. c) Tidak/belum divaksin harus memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu, atau harus didampingi oleh orang tua/orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap (Vaksin 1, vaksin 2, dan booster 1) selama melakukan perjalanan. Dalam hal orang tua/orang dewasa pendamping belum mendapatkan vaksinasi lengkap karena alasan kesehatan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter penanggung jawab pelayanan sesuai dengan ketentuan protokol Kesehatan bagi pelaku perjalanan
  9. Usia 13-17 tahun:
  10. a) Wajib vaksin kedua
  11. b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
  12. c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah
  13. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 sudah dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih.

Pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga dihimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan KA nya.

Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI.

Untuk informasi lebih lanjut terkait KA Tambahan dan penjualan tiket pada masa Angkutan Nataru, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.***

Berita Terkait

Anaknya Tewas Tenggelam di Kolam Renang, Kekasih Artis Tamara Tyasmara Ditangkap Polisi
Gas Akademi Sepak Bola Modern, Prabowo Tegaskan Komitmen Dukung Atlet Perempuan
Sapu Langit Media Network Luncurkan Media Online 062.live – Portal Berita dengan Konten Khusus Video
Super Lengkap, Inilah 100-an Portal Berita yang Bermitra dengan Sapu Langit Communications
AMPI Beri Dukungan Menteri BUMN dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir Sebagai Cawapres Prabowo Subianto
Polisi Tanggapi Pengakuan Pemeran Film Dewasa yang Merasa Sebagai Korban Rumah Produksi
The Electoral: Solusi Efektif dan Profesional untuk Kampanye Caleg di Pemilihan Umum 2024
KPK Periksa Kembali Presenter Brigita Manohara Terkait Dugaan Penerimaan Mobil dari Ricky Ham Pagawak
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 9 Februari 2024 - 14:03

Anaknya Tewas Tenggelam di Kolam Renang, Kekasih Artis Tamara Tyasmara Ditangkap Polisi

Jumat, 15 Desember 2023 - 10:57

Gas Akademi Sepak Bola Modern, Prabowo Tegaskan Komitmen Dukung Atlet Perempuan

Kamis, 30 November 2023 - 15:50

Sapu Langit Media Network Luncurkan Media Online 062.live – Portal Berita dengan Konten Khusus Video

Rabu, 29 November 2023 - 14:19

Super Lengkap, Inilah 100-an Portal Berita yang Bermitra dengan Sapu Langit Communications

Kamis, 19 Oktober 2023 - 14:44

AMPI Beri Dukungan Menteri BUMN dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir Sebagai Cawapres Prabowo Subianto

Sabtu, 23 September 2023 - 15:28

Polisi Tanggapi Pengakuan Pemeran Film Dewasa yang Merasa Sebagai Korban Rumah Produksi

Rabu, 23 Agustus 2023 - 09:32

The Electoral: Solusi Efektif dan Profesional untuk Kampanye Caleg di Pemilihan Umum 2024

Senin, 5 Juni 2023 - 16:17

KPK Periksa Kembali Presenter Brigita Manohara Terkait Dugaan Penerimaan Mobil dari Ricky Ham Pagawak

Berita Terbaru